Dosen UNP Wakili LPTK Di Indonesia Dalam Worskhop Konsorsium Pendidikan Guru Indonesia Australia

Dosen Universitas Negeri Padang, Dr. Nofrion, M. Pd mewakili LPTK di Indonesia sebagai Narasumber dalam sesi Workshop Konsorsium Pendidikan Guru Indonesia – Australia (KPGIA) yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 24 September 2024. Nofrion, yang sehari-hari adalah Kepala Sub. Direktorat Inovasi Pembelajaran dan MBKM, Direktorat Akademik UNP dan juga PIC KPGIA UNP tersebut dipilih oleh panitia dari Kemdikbudristekdikti untuk memaparkan tentang Best Practice UNP dalam melaksanakan PPG selama ini sekaligus menyampaikan usulan program terkait kerja sama dengan 10 LPTK di Indonesia dan 5 Perguruan Tinggi di Australia. Lima perguruan tinggi yang mempersiapkan guru di Australia dan akan menjadi mitra LPTK di Indonesia nantinya adalah Deakin University, Western Sidney University, The University of Newcastel, Central Queensland University dan The University of Adelaide.

Pada sesi Workshop, Nofrion tampil berdua dengan Narasumber dari Western Sidney University yaitu Prof. Michele Simons yang merupakan Dekan School of Education. Kedua narasumber  memberikan informasi tentang sistem penyiapan guru di Indonesia dan Australia. Secara spesifik, Nofrion yang sehari-hari adalah dosen PPG UNP memaparkan pola PPG untuk guru-guru yang berada di Remote Area/3T seperti di Kepulauan Mentawai yang memiliki keterbatasan akses internet, listrik dan perangkat pendukung belajar. Diantara program yang akan dilaksanakan oleh konsorsium nantinya adalah peluang studi lanjut bagi dosen PPG/kependidikan  untuk jenjang Doktoral.S3 dan jenjang S2 untuk guru dan tenaga kependidikan. Kemudian program microcredential, short course dan sejenisnya yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Acara Workshop KPGIA ini dihadiri oleh Rektor dan Ketua Tim KPGIA dari 10 LTPK di Indonesia dan 5 Perguruan Tinggi di Australia serta tim Inovasi. Dalam kegiatan peluncuran kerja sama Pendidikan Guru Indonesia – Australia ini hadir Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Abdul Haris, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Prof. Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Dr. Iwan Syahril, Ph. D serta Direktur PPG beserta Jajaran. Dari pihak Australia hadir Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, Australian Bussiness Champion for Indonesia, Prof. Jennifer Westacott AO dan pimpinan perguruan tinggi yang menjadi mitra LPTK di Indonesia. (Humas/Sarah).

Sumber : https://unp.ac.id/news/26-09-2024/dosen-unp-wakili-lptk-di-indonesia-dalam-worskhop-konsorsium-pendidikan-guru-indonesia-australia