Pelepasan dan Penutupan PMM 4, Direktorat Akademik UNP Adakan Festival Budaya

Pelepasan dan Penutupan PMM 4, Direktorat Akademik UNP Adakan Festival Budaya

Sesi foto bersama seluruh mahasiswa PMM besrta tamu undangan Festifal Budaya di Aula FMIPA UNP, Rabu (19/6). f/Rahmania

Dilansir dari Ganto.co – Direktorat Akademik Universitas Negeri Padang (UNP) Inovasi Pembelajaran dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara, Pelepasan dan Penutupan mahasiswa PMM 4 inbound Universitas Negeri Padang (UNP) di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), pada Rabu (19/6).

Kabubdit Inovasi Pembelajaran MBKM UNP, Dr. Nofrion, S.Pd, M.Pd dalam kata sambutannya menyebut sebanyak 140 mahasiswa dari 72 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se- Indonesia telah melaksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Negeri Padang.

“Mahasiswa PMM UNP yang datang ke kita sebanyak 140 mahasiswa dari 72 PTN dan PTS se- Indonesia, mereka mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka dengan kegiatan akademik dan non akademik. 16 minggu mahasiswa-mahasiswa ini kita bawa ke berbagai objek dan daerah untuk memperkenalkan Sumatra Barat dengan keanekaragaman dan ke khasannya, ” tuturnya.

Lanjutnya, UNP telah dipilih menjadi salah satu PT yang di MONEV oleh tim Nusantara.

“Alhamdulillah kita pada tahun 2024 kita dipilih sebagai PT yang di movev oleh Tim Nusantara, Tidak tanggung-tanggung delapan orang tim monev dari PMM pusat dan UGM datang melihat langsung seperti apa UNP melaksanakan PMM, dan kebetulan saat itu kita sedang malakukan modul Nusantara di Kawasan Pondok, ketika kita berkunjung ke kelompok minoritas tiongkhoa dan alhamdulillah mereka mengatakan UNP keren,” ucapnya.

Widyadhana Nur Hidayat, selaku kepala suku PMM 4 UNP mengungkap perjuangan selama menempuh program PMM.

“Kami mahasiswa PMM sejumlah 140 mahasiswa dari 72 PTN dan PTS seluruh Indonesia saat mengikuti program ini tidak hanya berbekal sandang dan pangan, tetapi juga mental dan perjuangan kami rela keluar dari zona zaman kami meninggalkan pelukan ayah dan ibunda serta keluarga kami dengan harapan dapat memperoleh pengalaman yang sangat berdampak untuk kami,” tuturnya

Selanjutnya, ia juga mengucapkan terimakasih kepada tim MBKM UNP.

“Saya mewakili teman PMM lainnya mengucapkan terimakasih sedalam dalamnya kepada tim MBKM UNP dan seluruh mahasiswa yang telah merealisasikan slogan bertukar sementara bermakna selamanya,” tutupnya.

Rektor UNP, Dr. Ir. Krismadinata, S.T., M.T. menyebut program MBKM ini sesuai dengan filosofi Pendidikan yang dianut UNP.

“Sebenarnya program MBKM ini sesuai dengan filosofi Pendidikan di UNP ini yang menganut Alam Takambang Menjadi Guru, dimana kita jadikan alam dimanapun itu menjadi pendidikan bagi kita. Oleh Kihajar Diwantara diartikan setiap orang adalah guru setiap tempat adalah sekolah,” ujarnya.

Sumber : https://www.ganto.co/berita/5979/pelepasan-dan-penutupan-pmm-4-direktorat-akademik-unp-adakan-festival-budaya.html